Diagnosa Kerusakan Komputer serta Solusi Perbaikan

Dokter komputer

Assalamu'alaikum, kami akan membahas mengenai Diagnosa Kerusakan Komputer serta Cara Perbaikannya. Sebenarnya untuk Diagnosa-diagnosa komputer ini adalah materi Smk jurusan Teknik Komputer & Jaringan (TKJ) kelas satu, yang di khususkan untuk mendiagnosa PC. Namun bagi anda yang ingin juga mempelajari, yang mungkin dirumah punya pc pribadi dan buat jaga-jaga suatu saat rusak bisa mendiagnosa kerusakannya, Saya beri ulasan mengenai hal berikut dan semoga bermanfaat. Silahkan disimak :

1. Gejala Umum : Cpu tidak hidup dan lampu power padam

*Diagnosa :
  1. Sekring (Fuse) power supply putus
  2. Power supply rusak
  3. Kabel power putus
  4. Tombol power rusak
*Perbaikan :
  • Periksalah kondisi kabel power menggunakan ohm meter untuk memastikan telah putus tidaknya kabel power. Kemudian lanjut dengan mengukur kondisi sekring power supply menggunakan ohm meter untuk memastikan sekring tidak putus. Dengan menekan tombol power ukurlah menggunakan voltmeter  AC pada bagian input power supply, jika tidak ada tegangan berarti anda harus mengganti dengan tombol yang baru. Kemudian ukurlah tegangan outputnya dengan ketentuan sebagai berikut : Kabel warna merah bertegangan 5 Volt, kuning 12 Volt, Putih -5 Volt, biru -12 Volt, hitam 0 Volt, dan orange adalah Power Good.
2. Gejala Umum : Power hidup, namun CPU tidak beroperasi

*Diagnosa :
  1. ROM BIOS rusak
  2. Processor mati
  3. Chipset mati
*Perbaikan :
  • Jika ROM BIOS telah mengalami kerusakan yang fatal, maka tidak ada indikator nada pada spiker. Periksa kondisi fisik IC ROM BIOS, lalu cobalah menggunakan komputer lain untuk menentukan kondisi processor. Dengan mengukur tegangan yang dikeluarkan oleh driver processor, maka akan didapatkan kondisi supplier processor. Jika Chipset mati, sangat rentan untuk diganti karena chipset sangat sulit pemasangannya.
3. Gejala Umum : CPU hidup namun monitor mati

*Diagnosa :
  1. Kabel data monitor rusak
  2. Kabel power monitor terputus
  3. Monitor rusak
*Perbaikan :
  • Periksalah menggunakan ohm meter kondisi dari kabel data dan kabel power monitor. Jika salah satu atau bahkan kedua nya ternyata rusak, silahkan diganti dengan yang baru.
  • Cek juga apakah monitor bener-bener rusak atau tidak? jika memang ternyata monitor yang rusak silahkan dibawa ketempat servis monitor (bisa juga tempat servis tv).
4. Gejala Umum : Nada speaker berbunyi beep panjang terus-menerus

*Diagnosa :
  1. Pemasangan memory RAM tidak tepat
  2. RAM rusak
  3. Bank memory RAM rusak
*Perbaikan :
  • Sesuaikan jenis memory anda apakah DDR1, DDR2 atau DDR3 dengan slot pada mainboard. Pemasangan yang tidak tepat menyebabkan pin bank/slot serta pin-pin memory patah.
  • Cek apakah RAM benar-benar rusak? coba gosok pin-pin (kuningan) memory RAM menggunakan penghapus yang bersih, namun jika tetap muncul bunyi beep panjang, coba gunakan memory lain yang masih berfungsi dengan jenis yang sama. Jika masih demikian, kemungkinan besar bank memory rusak.
  • Periksalah kondisi bank memory apakah ada pin yang patah? jika memang ada yang patah, gantilah bank memory dengan cara mengkanibalnya (Mengganti) sesuai dengan jenis bank memory tersebut. (bank = slot)
5. Gejala Umum : Harddisk Fail (no detect)

*Diagnosa :
  1. Kabel Data (IDE/Sata) Harddisk rusak
  2. Kabel power (Sata) atau 4-pin molex power connection rusak (tergantung harddisk anda menggunakan jenis kabel power yang mana)
  3. Harddisk rusak
Komposisi harddisk
 
*Perbaikan :
  • Cek kabel data harddisk menggunakan kabel data lain yang masih baik, Jika permasalahan telah selesai (Telah detect) berarti kabel rusak dan perlu diganti. Namun jika masih fail, ada kemungkin slot harddisk rusak atau interface cable pada harddisk rusak? jika salah satu dari kedua nya rusak, silahkan mengkanibalkan ke ahli nya.
  • Cek kabel power Sata atau 4-pin molex power connection (tergantung harddisk anda menggunakan jenis yang mana) yang terdapat pada power supply menggunakan kabel yang juga terdapat pada power supply (biasanya ada 2 cadangan). Jika berhasil, berarti kabel cadangan pertama yang rusak.
  • Cek harddisk anda menggunakan komputer yang normal tanpa kendala (Komputer teman atau Lab komputer sekolah). atau jika tidak memadai, coba dengarkan atau rasakan suara putaran piringan pada harddisk, jika anda tidak mendengar atau merasakan putaran piringannya, berarti harddisk telah rusak dan silahkan diganti dengan yang baru.
Wassalamu'alaikum, Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua. Jika ingin memberikan masukan kritik atau saran bisa melalui kolom komentar (Harus sopan), atau bisa melalui halaman Kontak. Insha Allah kami akan selalu menerima, masukan kritik serta saran anda dan kami akan merevisi setiap artikel bila dirasa perlu untuk selalu update mengenai Perawatan serta perbaikannya.

0 Response to "Diagnosa Kerusakan Komputer serta Solusi Perbaikan"

Post a Comment

Silahkan anda memberikan komentar Kritik maupun saran dengan Bijaksana dan sesuai aturan.
*Dilarang Sara
*Dilarang Spam
*Dilarang Promosi

*Jika anda berniat mencari Backlink, carilah dengan Bijaksana, berkomentar yang sesuai dengan isi Artikel dan dengan menggunakan "NameUrl". Jangan Spam didalam komentar*